Program D III Akuntansi Perpajakan didirikan pada tahun 1991 sebagai program studi dibawah Fakultas Ekonomi, yang sejak tahun 2015 berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, dengan status ”Terdaftar” berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0653/O/1991, tanggal 17 Desember 1991.
Program studi ini didirikan dengan tujuan untuk mempersiapkan lulusan sebagai tenaga siap pakai/terapan yang mempunyai kemampuan dan keterampilan serta keahlian profesional di bidang Akuntansi dan Perpajakan. Oleh karena itu kurikulum di Program D III Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti dipersiapkan 60% untuk praktik/aplikasi dan 40% untuk teori.Pada tahun 2003, Program D III Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti mendapatkan akreditasi dari BAN-PT, Departemen Pendidikan Nasional RI, dengan peringkat B sesuai Surat Keputusan No.009/BAN-PT/Ak-III/Dpl-III/VII/2003 tanggal 18 Juli 2003.Pada tahun 2008, Program D III Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti mempertahankan akreditasi dari BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional RI, dengan predikat B sesuai Surat Keputusan No. 021/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/XI/2008 tanggal 13 Nopember 2008.Pada tahun 2014, Program D III Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti mempertahankan akreditasi dari BAN-PT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan predikat B sesuai Surat Keputusan No. 081/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/III/2014 tanggal 22 Maret 2014.Pada tahun 2019, Program D III Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti mendapatkan akreditasi dari BAN-PT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan predikat A sesuai Surat Keputusan No. 203/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/II/2019 tanggal 26 Februari 2019. Mendapatkan akreditasi dengan peringkat UNGGUL berdasarkan Surat Keputusan LAMEMBA No. 955/DE/A.5/AR.10/I/2024 yang berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 12 Januari 2024 sampai dengan 12 Januari 2029. Berikut adalah sejarah singkat Program Diploma III Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti :
Drs. Nono Sulaksono, MSc (1991 – 1996)
- Berdiri Pogram Diploma III Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti.
- Status Terdaftar, berdasarkan SK Mendikbud No.0653/O/1991.
Drs. Lutfi Baradja, Ak., MBA ( 1996 – 1999)
- Perubahan Kurikulum Program Diploma III Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti mengacu pada Kurikulum yang berlaku secara Nasional 1995.
- Pembuatan SAP setiap mata kuliah yang ada dalam kurikulum.
- Dilakukan pembenahan dalam organisasi dan Tenaga Pengajar.
Drs. Bachtiar Agus Djaja, Msi (1999 – 2002)
- Peningkatan status menjadi ”Diakui” berdasarkan SK DIKTI No.16/DIKTI/Kep/2000.
- Ruang perkuliahan dipindah dari Gd.I Lt.1 ke Gd.K Lt.3. Penambahan 3 (tiga) orang tenaga penunjang.
Dra. Hj. Susi Dwimulyani, Ak., MM (2002 – 2008)
- Mulai 1 April 2002, ruang sekretariat dipindah dari Gd.S Lt.2 ke Gd.K Lt.3.
- Perpanjangan Piagam Kerja Sama antara Universitas Trisakti c.q Program Diploma III Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti dengan Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan RI pada tanggal 25 November 2002.
- Mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat ”B” sesuai SK No.009/BAN-PT/Ak-III/Dpl-III/VII/2003, tanggal 18 Juli 2003.
- Pengembangan Laboratorium Komputer dan Kelas Multimedia.
Abubakar Arif, SE, MM (2008 – 2020)
- Mempertahankan akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat ”B” sesuai Surat Keputusan No. 021/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/XI/2008 tanggal 13 Nopember 2008 dan Surat Keputusan No. 081/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/III/2014 tanggal 22 Maret 2014.
- Mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat ”A” sesuai SK No. 203/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/II/2019 tanggal 26 Februari 2019.
- Perluasan ruang perkuliahan di Gedung K Lt.3 dan Gedung I Lt.3.
- Peremajaan Laboratorium Komputer di Gedung K Lt. 3
- Pembelian Minibus ELF untuk kegiatan operasional dan promosi Program D III Akuntansi Perpajakan
- Memperoleh Lisensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) sebagai Tempat Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi (TUK-TA) sesuai Surat Keputusan No. 005/KEP/LSP-TA/IAI KAPd/II/2009 tanggal 24 Februari 2009 dan diperpanjang dengan Surat Keputusan No. 73/LSP-TA/TUK-M/VIII/2018 tanggal 6 Agustus 2018 – 6 Agustus 2023.
- Meraih predikat sebagai Tempat Uji Kompetensi Terbaik pada tahun 2017 dari Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA).
- Meraih akreditasi Science and Technolog Index (SINTA) 3 untuk Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik (JIPAK) pada November 2019.
Dr. R. Rosiyana Dewi, S.E., Ak., M.Si., CA., CGP. ( 2020– 2024)
- Mendapatkan akreditasi dengan peringkat UNGGUL berdasarkan Surat Keputusan LAMEMBA No. 955/DE/A.5/AR.10/I/2024 yang berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 12 Januari 2024 sampai dengan 12 Januari 2029.
- Sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) berdasar Penambahan Ruang Lingkup (PRL) dengan nilai verifikasi 930 Peringkat A berlaku sampai dengan tanggal 19 Oktober 2028.
- Meraih akreditasi Science and Technolog Index (SINTA) 3 untuk Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik (JIPAK) pada bulan April 2025.
- Penerapan kurikulum berkelanjutan berbasis Teknologi dan Project Based Learning pada mata kuliah yang relevan seperti materi Akuntansi Keberlanjutan, Magang UMKM, Praktikum ERP dan penerapan pembelajaran berbasis OBE (Outcome Based Education).
- Penerapan kurikulum berbasis kompetensi bersertifikat CADE, CAAT, OCA, dan CTT bekerjasama dengan lembaga LSP-TA, Accurate, Orlandsoft, dan ATPI .
- Layanan Tax Centre bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Kantor Konsultan EnforceA
- Kerjasama Internasional dengan International Organization for Migration (IOM) dan berbagai universitas di Jepang, Vietnam, Malaysia dan Singapure.
- Mendapatkan kepercayaan publik sebagai juri di berbagai lomba akuntansi ditingkat wilayah dan nasional
- Fasilitas pembelajaran berbasis IT dengan menyiapkan studio room dan smart class room serta membangun software media pembelajaran pajak e-TaXakti sebagai produk dosen dan mahasiswa yang dapat digunakan mahasiswa, umum dan siswa sekolah SMA/SMK.
- Menyelenggarakan kegiatan TAFT (Tax Accounting Festival of Trisakti) 2019-2024 bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Bank Indonesia, PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura II, Bank Negara Indonesia, MUC Consulting Group, PERKOPPI, LSP-TA, sebagai wadah kegiatan bersama mahasiswa dan alumni serta ajang kompetisi akuntansi dan pajak untuk mahasiswa dan siswa SMA/SMK mitra dalam dan luar negeri.