Berita Trisakti

button-twitter.png button-facebook.png

Oleh:
Admin D3 Akuntansi Perpajakan

Kamis, 15 Juli 2021 16:36
Dilihat: 39 kali

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti x PT Orlansoft

Pelatihan Software Enterprise Resource Planning Bekerjasama dengan Orlansoft


Program Studi DIII Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah melaksanakan kegiatan pelatihan software ERP Orlansoft selama 2 (dua) hari, yaitu pada hari Selasa dan Rabu tanggal 13-14 Juli 2021 secara online.
Kegiatan ini sebagai bentuk dari implementasi MOU kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dalam hal ini adalah PT Orlansoft dan juga merupakan bentuk penyelarasan prodi dengan tuntutan bisnis serta pemangku kepentingan saat ini. Pada era digital saat ini hampir seluruh kegiatan dilaksanakan dengan teknologi informasi untuk mencapai efisiensi waktu dan biaya, yang dikenal dengan istilah VUCA (VUCA =volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity), sehingga pelatihan ini dirasa penting untuk dilaksanakan.

Program studi DIII Perpajakan akan menggunakan software Orlansoft dalam praktikum ERP dimana nantinya para mahasiswa diharapkan akan memiliki kompetensi lebih dalam hal penggunaan TI melalui berbagai jenis software. Program studi DIII Perpajakan akan menerapkan kurikulum berbasis digital sebagaimana yang dicanangkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sebelumnya prodi sudah menggunakan software Accurate dan Zahir untuk praktikum software akuntansi, sehingga mahasiswa mampu melakukan pekerjaan dalam siklus akuntansi secara manual ataupun dengan menggunakan bantuan TI.  Saat ini kurikulum operasional Program Studi DIII Perpajakan akan dikembangkan lagi dengan menambahkan software Orlansoft untuk menjadi salah satu praktikum yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mengenai praktik pengendalian internal pada sistim informasi yang sudah terkomputerisasi dan terintegrasi. Selanjutnya setelah lulus dari praktikum ini maka mahasiswa  diharapkan dapat mengikuti uji kompetensi oleh pemilik lisensi software tersebut.

Kegiatan ini merupakan Kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan PT Orlansoft yang diikuti oleh dosen sebanyak 18 orang, mahasiswa asisten 5 (lima) orang, tendik 1 (satu) orang. Disamping itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dari Pengabdian kepada masyarakat dan pembinaan Mitra Sekolah, sehingga Prodi juga mengundang SMK Mitra. Pada pelatihan kali ini,  4 (empat) orang guru dari SMK mitra telah mengikuti pelatihan software ERP ini.  Kegiatan dimulai pada hari Selasa, tanggal 13 Juli 2021. Acara dimulai jam 09.00 dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua Program Studi DIII Perpajakan, ibu R. Rosiyana Dewi, SE, Ak, M.Si, CA, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang pemahaman cloud ERP serta siklus akuntansi pendapatan dan pengeluaran (revenue and expenditure cicle) oleh ibu Hasnawati, SE Ak, M.Kom, CA yang juga merupakan sekretaris Program Studi DIII Perpajakan. Pada jam 10.30 acara dilanjutkan dengan pelatihan yang dibawakan oleh instruktur dari PT Orlansoft yaitu Ibu Lusia Tuties Kristianingrum , ST sampai jam 16.00. Acara berakhir pada hari Rabu, 14 Juli 2021 pada jam 16.00 WIB dengan ditutup oleh Ketua Program Studi DIII Perpajakan. Kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan para peserta dapat mengikuti secara penuh dan berperan aktif selama pelatihan. Semoga pelatihan ini bermanfaat dan dapat segera diaplikasikan dalam kurikulum operasional yaitu kegiatan praktikum yang merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi DIII Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Berita: Kaprodi D III Perpajakan


Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti